Pantai Siung, Siung beach, Yogyakarta, Tebing pinggir laut

PIKNIK BLUSUKAN >> Hai .. hai sobat ketemu lagi nih, kali ini saya akan membahas spot pantai yang asik buat kalian yang hobi panjat tebing. Pantai tersebut diberi nama Pantai Siung. Memang sih kepopulerannya di kalangan para wisatawan pantai ini tidak se-terkenal pantai Baron, tapi bukan situs PIKNIK BLUSUKAN namanya kalau hanya membahas pantai yang sudah terkenal saja, so ikutin terus ya sob :D
Letak pantai siung ini berada di Kecamatan Tepus berjarak 100 km dari kota Yogyakarta, pantai ini menawarkan banyak tempat pemanjatan yang menantang dan pesona pemandangan laut yang menarik. Banyak para pemanjat dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke tempat ini untuk mencoba menaklukkan tebing yang berada di pantai Siung ini.
Pantai ini memiliki wilayah yang cukup luas untuk melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari bermain pasir dan ombak, memancing dan bermain voli pantai. Kondisi pantai ini tidak terlalu ramai dan cenderung sepi sehingga sangat nyaman dan tenang untuk berlibur.
Salah satu spot yang paling terkenal dan bikin kangen balik lagi dari pantai ini adalah batu karangnya yang berukuran raksasa di sebelah timur dan barat memiliki peran yang penting, selain untuk memperindah dan pembatas dengan pantai lain, karang tersebut menjadi dasar penamaan pantai ini.

Pantai Siung, Siung beach, Yogyakarta, Tebing pinggir laut


Letak batu karang tersebut berada agak menjorok ke laut dan menurut seorang sesepuh di tempat ini, penamaan pantai ini diambil dari bentuk batu tersebut yang menyerupai Siung Wanara atau dalam bahasa Indonesia berarti gigi kera. Hingga sekarang batu tersebut masih dapat dinikmati keindahannya berpadu dengan gempuran ombak yang selalu menerpanya menyajikan pemandangan yang menakjubkan .
Dahulu pantai ini sangat sepi semenjak pasar yang ada di pantai ini dipindahkan, ditengah masa sepi waktu itu keindahan batu karang tersebut mulai berperan karena sekitar tahun 1989 pantai ini kedatangan group pecinta alam dari Jepang untuk memanfaatkan tebing tesebut sebagai arena panjat tebing.
Guna percepatan perkembangan obyek wisata dipantai ini terutama untuk panjat tebing, Pemda DIY pada tahun 2005 meresmikan kawasan minat khusus panjat tebing di tempat ini, para wisatawan mulai berdatangan untuk melihat keindahan pantai ini. Selanjutnya pantai siung ini mulai berbenah dan semakin terkenal setelah tempat ini digunakan untuk lokasi Asean Climbing Gathering 2005 yang diikuti oleh 250 peserta pemanjat dari 6 negara ( Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Perancis dan Jerman ).



Pantai Siung ini merupakan tujuan wisata terutama komunitas pendaki pecinta alam pada saat liburan dan akhir pekan. Komunitas MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) dari berbagai kampus dan FPTI ( Forum Pemanjat Tebing Indonesia ) sering menggunakan tempat ini untuk melaksanakan diklat maupun latihan pada hari sabtu dan minggu.
Di kawasan panjat tebing tersebut terdapat sekitar 250 jalur untuk pemanjatan dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga banyak orang menyebut pantai Siung ini sebagai the best rock climbing site ini Yogyakarta.
Anda juga bisa naik ke deretan tebing karst yang megah berdiri di sebelah barat pantai ini. Tebing inilah yang biasa digunakan oleh para pemanjat ntuk melakukan olah raga dan uji keberanian panjat tebing dia alam. Diantara tebing tersebut tedapat tanah lapang yang bisa digunakan untuk tempat berkemah dan menyalakan api unggun. Dari ketinggian tebing tesebut anda dapat melihat pantai Siung secara utuh keseluruhan yang sangat menakjubkan.
Tidak jauh dari ground camp atau tempat berkemah tersebut berdiri rumah panggung kayu yang bisa dimanfaatkan untuk base camp atau bermalam sebuah pilihan selain mendirikan tenda di tempat ini. Ukuran base camp tersebut cukup untuk 15 orang. Anda dapat menyewa tempat tersebut dari warga setempat untuk bermalam di base camp sambil menikmati suasana malam di pantai Siung ini.
Saat malam tiba dan suasana mulai sepi, kalau beruntung anda akan dapat melihat sekelompok kera ekor panjang turun dari puncak tebing menuju pantai. Kera yang habitatnya makin langka ditempat ini masih dapat bisa kita jumpai pada malam hari. Keberadaan kera ini mungkin suatu alasan mengapa bentuk dari batu karang tersebut adalah gigi kera dan bukan gigi binatang lain.


Pantai Siung, Siung beach, Yogyakarta, Tebing pinggir laut


Harga Tiket
Harga tiket untuk memasuki pantai Siung ini sebesar Rp.10.000,- (sudah termasuk 2 objek wisata pantai lain). Dan untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp.2.000,- ( 2015).

Lokasi Pantai
Pantai Siung ini terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jalan yang Bisa Ditempuh
Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi (Sepeda motor atau Mobil) dapat menggunakan jalur perjalanan : Yogyakarta – Wonosari – Tepus – Purwodadi – Siung
Dengan menggunakan angkutan umum : Mulai dari terminal Giwangan mencari bus jurusan Jogja-Wonosari, setelah sampai di Wonosari ganti angkutan jalur Wonosari-Tepus. Dari terminal Tepus dilanjutkan dengan JASA OJEK SEWAAN.

Kelengkapan Fasilitas
Pantai Siung ini mempunyai fasilitas yang standar dan cukup memadai seperti tempatt parkir yang luas, toilet umum, dan warung makan yang menjual makanan dan minuman. Tersedia juga warung makan yang menyuguhkan menu hasil olahan ikan laut.
Pantai ini belum menyediakan tempat penginapan, hanya bila keadaan darurat, ada pondok pemanjat yang berbentuk rumah panggung yang berkapasitas 12-15 orang yang dapat dipergunakan untuk bermalam. Jika anda ingin lebih menyatu dengan suasana alam maka akan lebih baik anda membawa tenda untuk berkemah di camping ground yang berada di balik tebing karang.

Segitu dulu yang bisa saya bahas pada sobat sekalian, tetep sehat .. tetep semangat ... keep jalan-jalan ... caaooo

1 komentar:

  1. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga.

    ReplyDelete

 
Piknik Blusukan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top