Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta, pasir putih

PIKNIK BLUSUKAN >> Hai .. sobat semua, masih di kegiatan liburan saya nih, dan masih disekitar kota Gudeg Yogyakarta, tepatnya didaerah Gunung Kidul. Destinasi wisata pantai di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta  memang tidak ada matinya. Satu lagi pantai yang terkesan masih perawan dengan akses jalannya yang belum beraspal, pantai itu bernama pantai Pok Tunggal. Pesona dari Pantai Pok Tunggal yang membuat kita betah berlama-lama dipantainya adalah barisan tebing karang yang berdiri tegak bagai benteng yang melindungi pantai ini dari sibuknya keramaian dunia luar.

Baca Juga Tips Pikniknya : Tips Piknik Kepantai Biar Kamu Ngga Nyesel

Tebing – tebing karang yang tinggi dan tegak lurus tadi sebenarnya memiliki potensi untuk olah raga panjat dinding seperti di Pantai Siung. Dinding karang yang tingginya sekitar 50 meter memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing yang memacu adrenalin. Sayangnya keadaan di pantai Pok Tunggal ini berbeda dengan pantai Siung yang sudah terdapat banyak jalur resmi, memanjat dinding di Pantai Pok Tunggal membutuh nyali dan keterampilan lebih. Karena hingga kini belum ada jalur pemanjatan yang resmi.

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta, pasir putih


Letak lokasi Pantai Pok Tunggal berada di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Menyenangkannya, mengunjungi Pantai Pok Tunggal juga bisa sekaligus mengunjungi dua pantai lain. Yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Karena pantai ini berada diantara kedua pantai itu.
Panorama indah yang dimiliki Pantai Pok Tunggal terdiri dari hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Bagi sobat sekalian yang ingin berkunjung kepantai ini bisa banyak mengeksplorasi sisi unik dari Pantai Pok Tunggal. Semisal pada sisi timur dan barat Pantai Pok Tunggal ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang tinggi. Akses jalan menuju kedua bukit pun sudah tersedia walaupun hanya pada batas ala kadarnya, jadi tetap harus berhati-hati sob. Meskipun Pantai Pok Tunggal sendiri bisa dibilang tergolong pantai baru, namun pantai ini mulai terkenal sejak diperkenalkan ke publik pada tahun 2012.
Pemandangan cantik memang terbentang pada sepanjang Pantai Pok Tunggal. Hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas seolah menjadi sihir bagi pengunjung yang datang. Di Pantai Pok Tunggal juga ada sebatang Pohon Duras (Pok Tunggal) yang tumbuh rindang. Sobat yang mengunjungi Pantai Pok Tunggal bisa memanfaatkan momen dengan asyik bermain ombak pantai, sambil sesekali bergaya atau selfie di depan kamera.

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta, pasir putih


Dipantai ini juga terdapat sebuah mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah. Bagi sobat yang berkunjung ke Pantai Pok Tunggal boleh juga melihat keberadaan mata air ini. Selain menjadi salah satu keunikan Pantai Pok Tunggal, mata air tawar ini dijadikan sebagai sumber air bagi masyarakat setempat.
Cara unik yang bisa sobat gunakan untuk menikmati pemandangan pantai dengan sepenuhnya adalah dengan menikmatinya dari bukit yang berada di sebelah barat pantai. Bisa juga dinikmati dari balik bukit tebing di sebelah timur. Selain itu kalau sobat sedang mujur, sobat bisa menjumpai beberapa primata liar yang ada di sekitar pantai. Pasir pantai di sini cukup landai, dan cukup aman untuk berenang, sehingga jika sudah bosan menjelajah, sobat bisa menikmati pantai dengan berenang sepuasnya di batas bibir pantai.
Fasilitas yang ditawarkan Pantai Pok Tunggal ini tergolong lengkap. Dari mulai fasilitas MCK, warung makan, Gazebo dan lain-lain semua sudah tersedia. Di kawasan pantai juga sudah terdapat toilet umum dengan biaya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Selain itu, karena ramainya pengunjung domestik maupun mancanegara membuat pengelola pantai mengembangkan dengan baik Pantai Pok Tunggal. Di pantai ini dengan mudah ditemukan warung makan maupun tempat beristirahat berupa gazebo.
Tarif untuk sewa gazebo dan payung sendiri masih tergolong murah. Gazebo atau payung dengan kapasitas dua sampai tiga orang tadi disewakan dengan harga IDR 20.000. Untuk sobat yang ingin menginap, bisa bermalam di Pantai Pok Tunggal dengan menyewa tenda dome disini. Biaya untuk satu tenda dome adalah IDR 60.000. Jika sobat ada yang tidak suka menginap di tenda bisa menginap di beberapa penginapan yang tersedia di sini.

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta, pasir putih

Lokasi Pantai Pok Tunggal
Lokasi pantai ini adalah di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Dari pusat kota terdekat, Wonosari jaraknya sekitar 50 km. Sementara dari pusat kota Yogyakarta sendiri memerlukan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan.

Rute Yang Bisa Dilalui
Sobat yang mau berkunjung ke pantai ini bisa menggunakan akses jalan via Yogyakarta

Yogyakarta >> Imogiri >> Panggang >> Jalan Saptosari >> Tepus >> Ikuti Arah ke Pantai Baron >> Pertigaan Jalan sebelum Pantai Baron belok kiri menuju Pantai Indrayanti >> Pertigaan di Kawasan Pantai Indrayanti ke kiri ikuti jalan aspal >> Pos Retribusi >> beberapa meter sebelah kanan jalan ada papan petunjuk arah “Pantai Pok Tunggal” >> ikuti jalan kecil berbatu ke lokasi pantai Pok Tunggal dengan ciri ada Pohon Duras di kanan jalan masuk.

Atau bagi sobat yang ingin berangkat dari Solo bisa menggunakan rute dibawah ini.

Solo >> Prambanan >> Ambil kiri di pertigaan Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari >> Patuk >> Sambipitu >> Hutan Bunder >> Wanagama >> Gading >> Logandeng >> Siyono >> Bundaran Tugu BPD >> Jl. Kyai Legi >> Jalan Lingkar Selatan >> Jl. KRT Djojodiningrat >> Jalan Girisubo >> Wonosari >> Jalan Saptosari >> Tepus >> Pok Tunggal.


Dan akhirnya waktu juga yang memisahkan kita ahahaha, semoga bermanfaat, jika sedang galau .. pikniklah, jika sedang stress .. piknilah, keep healty .. keep piknik .. keep jalan-jalan .. caooo :D

1 komentar:

  1. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga.

    ReplyDelete

 
Piknik Blusukan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top