Embung Nglanggeran, Telaga buatan, , gunung purba nglanggeran

PIKNIKBLUSUKAN >> Hallo Sobat semua, jika berbicara tentang kota gudeg Yogyakarta, hampir semua yang pernah mengunjungi kota ini setuju bahwa, setiap sudut Yogyakarta itu cantik dan selalu berkesan di hati. Begitu juga dengan objek wisata yang terletak di desa Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Di daerah ini cukup banyak terdapat objek wisata menarik yang bisa kamu semua kunjungi, ada gunung Purba, air terjun, embung Nglanggeran dan lain-lain.

Mau Wisata Pantai, Baca Ini : Pantai Pok Tunggal, Keindahan pantai pasir putih diapit dua bukit

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi cerita tentang kunjungan saya ke embung Nglanggeran. Bagi sobat yang belum tahu apa itu Embung, Embung merupakan kata yang digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut telaga buatan. Embung Nglanggeran merupakan telaga buatan yang dibuat dan mempunyai fungsi utamanya untuk mengairi kebun buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain sebagai sumber pengairan, Embung Nglanggeran juga difungsikan sebagai obyek wisata.

Embung Nglanggeran, Telaga buatan, , gunung purba nglanggeran

Lokasi embung dulunya merupakan sebuah bukit yang kemudian dipotong dan dijadikan telaga buatan. Embung Nglanggeran belum lama dibuka, tepatnya diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada bulan Februari 2013, Embung Nglanggeran langsung menyedot perhatian wisatawan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang unik dan pemandangannya yang yahuuudd. Embung Nglanggeran terletak di bawah gunung Purba Nglanggeran sehingga embung ini juga dapat dinikmati dari puncak gunung Purba Nglanggeran.

Embung Nglanggeran, Telaga buatan, , gunung purba nglanggeran

Embung Nglanggeran terletak diketinggian 500 Meter dari permukaan laut. Jadi bagi yang kurang suka dengan kegiatan mendaki objek wisata ini tidak terlalu tinggi. Selain itu rasa lelah setelah mendaki akan terbayar setelah sampai puncak, karena mata kalian akan dimanjakan dengan indahnya panorama alam hijaunya hamparan bukit yang dapat kamu lihat dari embung nglanggeran. Saat mengalihkan pandangan ke sekitar, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Nglanggeran. Di sisi lain kita juga bisa memandang lembah menghijau hingga batas horison. Di kawasan embung terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Luas area dari Embung Nglanggeran ini sekitar 5000 M2 dan dikelilingi oleh kebun buah. Buah-buahan yang tumbuh di sekitarnya antara lain adalah kelengkeng, durian dan rambutan. Sedangkan pada musim kemarau, biasanya air di embung ini pun digunakan oleh para petani untuk mengairi sawah-sawah mereka yang berada di kaki bukit.
Selain menyajikan keindahan panorama alam berupa hamparan hijau bukit dan kenampakan Gunung Purba, embung Nglanggeran juga menyajikan keindahan sunset di sore hari, asal kamu berkunjung diwaktu yang pas, pasti bisa menikmati keindahan terbenamnya matahari dengan sempurna.

Embung Nglanggeran, Telaga buatan, , gunung purba nglanggeran

Kamu ingin berkunjung ke embung Nglanggeran, berikut ini rute yang bisa kamu gunakan untuk menuju kesana.

Rute dari Kota Jogja ke Embung Nglanggeran:

Kota Jogja >> Jalan Wonosari >> Bukit Hargodumilah/Bukit Bintang >> Perempatan Timur Radio GCD FM Patuk ke kiri >> Desa Ngoro-oro >> Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan >> Pendopo Kalisong  lurus saja ikuti jalan aspal >> Pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri >> ikuti papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di tikungan dan pertigaan >> Kebun Buah Nglanggeran.

Rute dari Kota Wonosari ke Embung Nglanggeran:

Wonosari >> Bundaran Siyono >> Tugu Batas Kota Wonosari >> Lanud TNI AU Gading >> Rest Area Bunder >> Pertigaan Sambi Pitu memutar ke kanan >> sekitar 50 KM ada pertigaan, ke kiri, masuk ke Padukuhan Widoro Wetan >> Balai Padukuhan Nglanggeran Wetan >> Pertigaan ke kanan >> Kebun Buah Nglanggeran.

Harga Tiket Masuk : Rp. 7000,- (sudah termasuk parkir)

Fasilitas : di objek wisata embung Nglanggeran ini sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap, seperti Toilet, Tempat berwudlu tentu dengan air khas pegunungan yang dinginnya minta ampun hehe dan mushola kecil. So kamu ngga perlu bingung ini itu tinggal berangkat dan enjoy it.
Embung Nglanggeran, Telaga buatan, , gunung purba nglanggeran

Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung.
Embung Nglanggeran sangat tepat untuk kamu kunjungi di waktu sore hari dan saat cuaca sedang cerah tak berawan, sembari melepas lelah di temani indahnya matahari terbenam, bercanda tawa dengan teman-teman merupakan kesan indah yang akan selalu kamu kenang selepas pulang dari embung Nglanggeran ini.

Bagaimana sobat, belum ada rencana weekend minggu ini, mungkin ini bisa jadi salah satu pilihan kamu semua, semoga bermanfaat untuk semua, keep healthy ... biar bisa jalan- jalan terus hehehe :D caooo

1 komentar:

  1. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga.

    ReplyDelete

 
Piknik Blusukan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top